Selasa, 31 Januari 2017

Resep Sayur Bening Segar dan Mudah

Resep Sayur Bening Segar dan Mudah - Masih ingat dulu pada saat kita masih kecil ibu selalu memasakan sayur bening untuk kita. Hampir setiap hari yang kadang itu membuat kita bosan. Tapi tanpa sadar setelah kita dewasa kita merindukan saat-saat itu. Jauh dari ibu membuat kita kangen dengan masakan-masakannya. Nahh untuk itu tidak ada salahnya kita belajar membuat sayur bening sendiri, untuk suami dan anak-anak tercinta.

Membuat sayur bening sangatlah mudah, tidak perlu bahan-bahan yang ribet dan bumbu yang digunakan juga sangat sederhana. Sayur bening ini memiliki kuah seperti namanya, kuahnya sangat bening dan menjadikan sayuran yang ada didalamnya semakin terlihat segar. Rasanya yang khas sangat cocok dinikmati kapanpun, siang hari, sore hari bahkan anda bisa menyajikannya pada saat sarapan karena proses memasaknya yang tergolong singkat.

Jika kita mendengar Sayur Bening pasti yang ada dipikiran kita adalah bayam dan jagung. Pada umumnya memang sayur yang digunakan untuk membuat sayur bening adalah bayam dan jagung. Bayam mempunyai kandungan zat besi yang tinggi yang sangat baik untuk menambah energi dan membantu melancarkanmetabolisme tubuh. Jagung manis juga memiliki kandungan vitamin B kompleks yang cukup tinggi. Namun tidak hanya dua sayur itu saja ynag bisa dijadikan Sayur Bening, ada juga yang menggunakan daun katuk untuk membuatnya. Seperti yang kita ketahui daun katuk juga mengandung banyak manfaat terutama untuk ibu menyusui karena daun ini sangat baik untuk melnacarkan ASI, selain itu kandungan lainnya juga cukup banyak seperti kalsium, zat besi dan fosfor.

Setelah mengetahui manfaat dari sayur yang sering digunakan untuk membuat sayur bening, anda bisa memilih sendiri sayur apa yang anda gunakan, tentunya sesuaikan dengan kebutuhan gizi anda dan keluarga. Bisa kita simpulkan saur bening termasuk dalam menu sehat karena proses memasaknya pun tanpa menggunakan minyak. Sayur ini juga sangat cocok untuk anda yang mempunyai kolesterol tinggi dan anda yang sedang dalam proses penurunan berat badan. Bagaimana proses membuatnya? Langsung saja baca Resep Sayur Bening Segar dan Mudah berikut ini.

Resep Sayur Bening Segar dan Mudah
Resep Sayur Bening Segar dan Mudah

Bahan-bahan Untuk Membuat Sayur Bening:


  • 2 ikat bayam segar, pilih daun yang masih muda dan pucuknya, cuci bersih
  • 1 buah wortel ukuran sedang, potong tipis
  • 1 buah jagung manis, potong sesuai selera
  • Air secukupnya

Bumbu yang dihaluskan:


  • 1 cm kencur
  • 3 siung bawang merah
  • sepucuk sendok teh terasi
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Sayur Bening:


  • Siapkan panci ukuran sedang, masukan air dan rebus sampai mendidih.
  • Masukan bumbu yang sudah dihaluskan dan rebus 3 menit.
  • Setelah itu masukan jagung manis dan wortel rebus sampai matang.
  • Terakhir masukan daun bayam rebus sampai matang. Daun bayam tidak membutuhkan waktu yang lama untuk matang.
  • Jangan lupa untuk mencicipinya, kalau dirasa kurang anda bisa menambahkan garam.

Sajikan selagi hangat, sayur bening ini sangat cocok disajikan dengan lauk kering seperti tempe goreng atau ikan, dan untuk lebih membangkitkan selera sajikan juga dengan sambal. Demikian Resep Sayur Bening Segar dan Mudah, apakah anda tertarik untuk membuatnya? Jangan lupa baca juga Resep Kue Dorayaki Lezat dan Praktis cemilan manis spesial untuk keluarga tersayang. Terimakasih dan selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar