Rabu, 18 Januari 2017

Resep Bolu Gulung Lembut dan Ekonomis

Resep Bolu Gulung Lembut dan Ekonomis - Kue Bolu merupakan salah satu jenis cemilan manis yang mengenyangkan. Kue bertekstur sangat lembut ini hampir tidak pernah absen hadir di setiap acara-acara penting sebagai jamuan yang cukup istimewa. Selain itu kue ini kerap dijadikan teman minum teh atau kopi bersama keluarga dan teman-teman tercinta, juga sebagai jamuan saat ada tamu spesial dirumah. Tentu karena rasanya yang enak dan teksturnya yang sangat lembut menjadikan kue yang satu ini banyak digemari oleh masyarakat pada umumnya.

Bicara soal kue bolu tentu kita sering menjumpai berbagai macam bentuk dan rasa dari kue ini. Cara pembuatannya pun bermacam-macam, ada yang dibuat dengan cara dikukus yang sering kita sebut dengan kue bolu kukus, ada juga yang dibuat dengan cara dipanggang. Bentuknya juga berbeda-beda, ada yang standar benbentuk bulat, persegi dan yang cukup unik yaitu kue bolu yang digulung atau sering disebut dengan Kue Bolu Gulung. Kue Bolu Gulung ini mempunyai banyak nama panggilan, seperti Roll Cake, Jam Roll atau Jelly Roll.

Pada dasarnya semua Kue Bolu berbahan dasar sama yaitu telur, terigu, gula dan pengembang, yang membedakan dengan yang lain adalah takaran dari bahan-bahan tersebut. Jika salah takaran bisa-bisa kue bolu yang kita buat tidak mengembang atau sering kita sebut dengan bantat. Makannya perlu ketelitian saat menakar bahan-bahannya agar kue yang kita buat bisa sesuai dengan keinginan kita dan bisa dikatakan berhasil.

Untuk mendapatkan Kue Bolu Gulung memang cukup mudah. Sekarang ini banyak kita jumpai penjual Kue Bolu Gulung, tapi tidak ada salahnya kita mencoba membuatnya sendiri. Bahan-bahannya mudah didapat dan cukup murah. Setelah mencoba beberapa Resep Kue Bolu Gulung akhirnya saya menemukan Resep yang paling mudah dan sangat ekonomis. Bagaimana proses pembuatannya langsung saja kita simak Resep Bolu Gulung Lembut dan Ekonomis berikut ini.

Resep Bolu Gulung Lembut dan Ekonomis

Resep Bolu Gulung Lembut dan Ekonomis
Resep Bolu Gulung Lembut dan Ekonomis

Bahan-bahan untuk membuat Kue Bolu Gulung:

Bahan A:


  • 6 butir telur utuh
  • 90 gram gula pasir
  • 1 sendok teh SP
  • 70 gram terigu segitiga
  • 10 gram tepung maizena
  • 10 gram susu bubuk

Bahan B:


  • 125 gram mentega cair

Cara Membuat Bolu Gulung:


  • Campur semua bahan A menjadi satu lalu kocok menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi sampai mengembang dan kental.
  • Tuang mentega cair perlahan sambil diaduk dengan menggunakan spatula, aduk sampai tercampur rata.
  • Siapkan loyang (saya pakai lonyang ukuran 26x4), oles loyang dengan margarin lapisi dengan kertas roti lalu oles dengan margarin lagi.
  • Tuang adonan ke dalam loyang lalu panggang sampai matang.
  • Setelah matang keluarkan dari loyang, dinginkan lalu beri filling kemudian gulung.


Untuk filling atau isiannya kita bisa menggunakan buttercream atau selai sesuai keinginan kita. Bisa juga kita kombinasikan buttercream dengan buah-buahan segar seperti strawberry atau lainnya. Demikian Resep Bolu Gulung Lembut dan Ekonomis yang sangat mudah pembuatannya. Jangan lupa baca juga Resep Brownies Lembut dan Praktis Ala Amanda. Terimakasih dan selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar