Rabu, 25 Januari 2017

Resep Nasi Uduk Ricecooker Praktis dan Enak

Resep Nasi Uduk Ricecooer Praktis dan Enak - Kita sering sekali menjumpai penjual Nasi Uduk di daerah kita, tapi tidak banyak orang tau asal mula dari Nasi Uduk ini. Konon katanya nasi uduk sudah masuk ke Indonesia sejak abad ke-14, mungkin banyak orang mengira Nasi Uduk ini berasal dari Betawi, tidak seutuhnya salah. Nasi Uduk berasal dari tanah Melayu contohnya daerah Sumatra dan Malaysia dan dibawa oleh orang Melayu yang merantau ke Pulau Jawa. Itulah kenapa Nasi Uduk bisa sampai ke wilayah Sundan Kelapa dan daerah Jawa Barat. Katanya nama Uduk justru berasal dari bahasa Sunda yang artinya bersatu atau bercampur. Kalau secara etimologi "uduk" berarti susah, ini merupakan makanan masyarakat kecil mengingat perekonomian Indonesia pada saat itu sangat susah.

Nasi Uduk biasanya oleh orang Betawi disajikan saat pagi hari sebagai menu sarapan. Nasi yang dimasak dengan santan dan bumbu lainnya dan biasanya disajikan bersama telur dadar tipis, kering tempe, abon, dengan lauk ayam goreng atau lele goreng dan dilengkapi dengan kerupuk dan samba kacang. Sudah dapat dibayangkan kan kelezatannya. Tidak heran makanan ini sekarang sudah menyebar ke seluruh Indonesia bahkan tidak cuma warga Indoneisa turis asing pun banyak yang menyukai makanan ini.

Berbicara soal sarapan. Banyak dari kita yang sering mengabaikan kewajiban sarapan pagi dengan alasan buru-buru berangkat sekolah atau ketempat kerja. Efeknya tubuh akan merasa lemas dan daya konsentrasi kita menurun. Padahal banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari sarapan antara lain sebagai sumber energi untuk memulai hari yang baru, meningkatkan konsentrasi dan kinerja, serta untuk pengendalian berat badan. Nahh anda yang sedang berdiet, masih sering melewatkan sarapan karena takut gemuk? Justru itu salah, dengan sarapan di pagi hari kita akan merasa kenyang lebih lama sehingga pada waktu siang hari makan kita bisa dikontrol, orang yang melewatkan sarapan cenderung mengkonsumsi makan siang lebih banyak.

Karena bangun tidur dan badan masih lemas, kadang menyebabkan orang malas sarapan. Apalagi anak-anak biasanya lebih susah disuruh sarapan. Untuk mengatasi hal itu, anda bisa membuat menu yang sedikit berbeda dengan hari-hari biasa. Membuat nasi uduk untuk menu sarapan keluarga, pasti akan membangkitkan selera makan untuk sarapan. Apalagi kalau sudah bosan dengan nasi putih biasa, nasi uduk bisa dijadikan selingan untuk menghindari kebosanan. Cara membuat Nasi Uduk sangatlah praktis bahkan memasaknya cukup menggunakab Ricecooker. Simak Resep Nasi Uduk Ricecooer Praktis dan Enak berikut ini.

Resep Nasi Uduk Ricecooer Praktis dan Enak

Resep Nasi Uduk Ricecooer Praktis dan Enak
Resep Nasi Uduk Ricecooer Praktis dan Enak

Bahan-bahan Untuk Membuat Nasi Uduk Ricecooker Praktis:


  • 2 cangkir beras
  • 200 ml santan kelapa
  • 1 batang sereh, lalu geprek
  • 3 lembar daun salam
  • 1 sdt garam

Cara Membuat Nasi Uduk Ricecooker Praktis:


  • Cuci beras, kemudian tiriskan.
  • Tuangkan beras kedalam panci ricecooker tambahkan santan, daun salam, sereh, dan garam, aduk sambil ratakan permukaan beras.
  • Takar kembali santan yang sudah didalam panci ricecooker dengan mwnggunakan jari telunjuk, jika dirasa terlalu sedikit bisa tambahkan air sampai takaran air diatas beras setinggi satu ruas jari telunjuk (seperti memasak nasi biasa).
  • Masak beras di ricecooker sampai matang.
  • Jika sudah matang aduk dan tutup kembali, biarkan kurang lebih 30 menit agar nasi benar-benar pulen dan santan merata.

Sajikan Nasi Uduk dengan tambahan telur balado, kering tempe, ayam goreng, sambal kacang dan kerupuk dengan begitu keluarga kesayangan jadi berselera untuk sarapan. Demikian Resep Nasi Uduk Ricecooer Praktis dan Enak. Mudah sekali membuatnya, dan bisa anda coba dirumah. Baca juga Resep Sup Krim Jagung Lezat untuk sajian spesial dirumah. Terimakasih dan selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar