Jumat, 27 Januari 2017

Resep Kue Lapis Pelangi Enak dan Praktis

Resep Kue Lapis Pelangi Enak dan Praktis - Salah satu jajanan khas Indonesia yang sudah banyak dikenal dan sangat populer dikalangan masyarakat Indonesia yaitu Kue Lapis. Kue ini termasuk jenis kue basah yang sering kita temukan di penjual kue di pasar-pasar tradisional maupun di toko kue. Kue dengan lapisan-lapisan tipis dan berbeda warna ini sangat cantik jika dilihat. Warna-warna yang berbeda tiap lapisnya menjadikan daya tarik tersendiri bagi siapa saja yang melihatnya.

Kue Lapis memiliki tekstur yang kenyal dan lembut. Kue ini mempunyai citarasa yang manis, jadi buat kalian yang suka dengan cemilan-cemilan manis pasti suka dengan kue yang satu ini. Kue Lapis dibuat dari tepung beras, tepung kanji, gila pasir dan garam lalu diberi pewarna yang berbeda di setiap lapisnya. Kue Lapis dibuat dengan cara dikukus setiap lapisannya sebelum kemudian lapisan diatasnya ditambahkan.

Berbicara soal asal-usul Kue Lapis belum ada yang bisa memastikan dari daerah mana kue ini berasal, yang jelas kue ini merupakan makanan asli Indonesia. Resep kue ini sudah diajarkan turun temurun dari nenek moyang kita. Biasanya Kue Lapis disajikan di acara-acara adat atau acara tasyukuran. Karena termasuk dalam kue basah, kue ini tidak bisa bertahan lama, hanya bisa bertahan satu hari. Jadi bisa dipastikan Kue Lapis ini sehat karena dibuat tanpa menggunakan bahan pengawet dan tidak bisa bertahan lama.

Pengin makan cemilan yang manis-manis tapi mau keluar rumah hujan?? Bikin sendiri aja yuk, cobain Resep Kue Lapis Pelangi Enak dan Praktis ini. Bahan-bahan yang digunakan sangatlah simple bahkan biasanya ada di stock persediaan kita didapur. Cara membuatnya juga gampang banget, cuma perlu sedikit kesabaran untuk tiap lapisnya. Selain itu membuat Kue Lapis dirumah mempunyai keuntungan tersendiri, selain terjamin kebersihannya kita juga bisa menyesuaikan warnanya sesuai dengan keinginan kita. Bagaimana tertarik unutk membuatnya? yuk langsung aja simak resepnya berikut ini.

Resep Kue Lapis Pelangi Enak dan Praktis

Resep Kue Lapis Pelangi Enak dan Praktis
Resep Kue Lapis Pelangi Enak dan Praktis

Bahan-bahan Untuk Membuat Kue Lapis:


  • 150 gram tepung beras
  • 100 gram tepung tapioka/kanji
  • 125 gram gula pasir
  • 550 ml santan
  • 1/2 sendok teh garam
  • Secukupnya perisa makanan strawberry, nanas, jeruk, pandan, anggur (saya pakai perisa agar tiap lapis ada rasanya)

Cara Membuat Kue Lapis:


  • Masak santan dan gula pasir sampai gulanya larut, angkat dan dinginkan suhu ruang.
  • Dalam wadah lain masukan tepung beras dan tepung tapioka aduk sampai rata. Tambahkan santan dan gula yang tadisedikit demi sedikit sambil diaduk sampai tercampur rata dan tidak bergerindil.
  • Siapkan wadah, bagi adonan menjadi 6 bagian dan beri warna masing-masing bagian sesuai selera.
  • Panaskan panci kukus, Olesi loyang dengan minyak plus plastik pada dasar loyang agar tidak lengket. Dan jangan lupa tutup panci kukusan dilapisi dengan kain bersih untuk mencegah airnya menetes.
  • Setelah kukusan panas dan airnya sudah mendidih masukan loyang dan tuang warna yg pertama, kukus 5-10 menit
  • Tuang adonan warna selanjutnya kukus lagi 5-10 menit begitu seterusnya sampai adonan habis.
  • Adonan terakhir kukus selama 25 menit.
  • Setelah matang, angkat dinginkan dan keluarkan dari cetakan. Potong sesuai selera.

Bagaimana?? Mudah sekali kan membuatnya? Coba buat sendiri dirumah, dan sajikan untuk keluarga tercinta. Demikian Resep Kue Lapis Pelangi Enak dan Praktis. Jangan lupa baca juga Resep Bolu Kukus Mekar Praktis dan Lembut untuk koleksi kue basah anda. Terimakasih dan selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar