Senin, 16 Januari 2017

Resep Brownies Lembut dan Praktis Ala Amanda

Resep Brownies Lembut dan Praktis - Coklat merupakan makanan yang mempunyai rasa manis. Hampir setiap orang pasti suka dengan makanan yang satu ini. Coklat bisa dimakan langsung atau bisa juga diolah menjadi bermacam-macam makanan. Untuk para pencinta makanan manis tentu tidak bisa lepas dari yang namanya coklat. Hampir setiap cemilan manis menggunakan coklat sebagai perasanya karena rasanya yang enak dan tentu peminatnya yang sangat banyak.

Membahas berbagai macam olahan dari coklat memang tidak ada habisnya. Sekarang banyak sekali olahan makanan yang menggunakan campuran coklat didalamnya. Sebagai contoh kita sering menemukan minuman segar maupun hangat rasa coklat, ada juga puding, atau kue-kue dengan rasa coklat juga. Salah satu kue khas berasa coklat yang sangat banyak diminati oleh masyarakat yaitu Kue Brownies.

Mendengar kata Brownies pasti yang ada dipikiran kita adalah coklat, karena "brown" sendiri merupakan bahasa inggris yang berarti coklat. Dari namanya "Brownies" tentu kue yang satu ini memang bukan berasal dari Indonesia. Belum diketahui darimana kue ini berasal. Darimanapun itu kita tidak usah ambil pusing, yang penting sekarang kita bisa menikmati kue yang satu ini dengan mudah.

Salah satu merk Brownies yang terkenal dan banyak dicari orang yaitu Amanda yang berasal dari kota Bandung. Outlet Amanda sudah ada hampir disetiap kota besar di Indonesia. Pada dasarnya semua Brownies sama, hanya saja kita bisa variasikan toppingnya dengan berbagai macam bahan lainnya seperti kacang almond, keju, choco marbel, pisang dan masih banyak bahan lain yang bisa digunakan untuk toppingnya.

Untuk menikmati kue coklat yang satu ini memang kita bisa dengan mudah dipasaran, tapi tidak ada salahnya jika kita mencoba membuat Brownies Lembut Ala Amanda sendiri. Banyak orang mengira membuat brownies itu susah dan ribet tapi sebenarnya Resep Brownies Lembut dan Praktis Ala Amanda sangatlah mudah. Resep Brownies berikut bisa dijadikan Brownies Panggang ataupun Brownies Kukus.

Resep Brownies Lembut dan Praktis Ala Amanda

Resep Brownies Lembut dan Praktis Ala Amanda
Resep Brownies Lembut dan Praktis Ala Amanda

Bahan-bahan Untuk Membuat Brownies:

Bahan A:


  • 125gram mentega
  • 200gram Dark Compound Chocolate (saya pakai merk collata)

Bahan B:


  • 7sdm tepung terigu (saya pakai segitiga biru)
  • 1sdm coklat bubuk
  • 1/2sdt baking powder

Bahan C:

  • 7sdm gula pasir
  • 4butir telur (suhu ruang jangan dari kulkas)
  • 1sdt emulfisier (saya pakai SP/ovalette)

Topping:

  • Keju Cheddar parut

Cara Membuat Brownies:

  • Campurkan bahan A (mentega dan DCC) lelehkan dan sisihkan.
  • Campurkan bahan B (terigu, baking powder, coklat bubuk) ayak dan sisihkan.
  • Campurkan bahan C dalam satu wadah, kocok menggunakan mixer dengan kecepatan rendah, kemudian bertahap tambah kecepatan, kocok hingga adonan mengembang dan berwarna putih.
  • Tuangkan bahan B kedalam wadah C, aduk dengan spatula hingga merata, masukan juga bahan A, aduk kembali hingga semua adonan tercampur rata.
  • Olesi loyang dengan mentega dan alasi dengan kertas roti lalu olesi dengan mentega lagi. Tuang adonan diatas loyang.
  • Letakan loyang diatas panci kukus setelah air mendidih, tuang 1/2 adonan diatas loyang dan kukus kurang lebih 10 menit, lalu tuangkan DCC yang sudah dilumerkan (saya campur DCC dengan susu kental manis) kemudian tuang sisa adonan brownies tadi, kukus selama 10 menit (tes dengan lidi tusukan pada tengah brownies jika tidak ada adonan yang menempel berarti brownies sudah matang).
  • Angkat loyang, balikan pada wadah lalu taburkan keju cheddar parut diatasnya.

Demikian Resep Brownies Lembut dan Praktis Ala Amanda. Mudah sekali kan membuatnya, anda pasti sukses mencobanya dirumah. Brownies ini sangat cocok sebagai hidangan spesial unuk keluarga ataupun sebagai sajian di acara-acara tertentu. Baca juga Resep Pancake Spesial Mudah dan Praktis. Terimakasih dan selamat mencoba.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar