Minggu, 22 Januari 2017

Resep Mendoan Khas Banyumas

Resep Mendoan Khas Banyumas - Ragam kuliner Indonesia memang banyak sekali, kalo kita bahas satu persatu mungkin membutuhkan waktu yang sangat lama. Dari setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khas masing-masing yang berbeda citarasa dan bahan pembuatannya. Seperti yang satu ini, Banyumas kota kecil di provinsi Jawa Tengah ini memiliki beberapa jenis makanan khas. Makanan khas dari Banyumas yang cukup terkenal yaitu Mendoan.

Kalau anda orang Banyumas dan sekitarnya tentu sudah tidak asing lagi mendengar kuliner khas daerah yang satu ini. Tapi untuk anda yang berada jauh dari Jawa Tengah mungkin penasaran apa itu mendoan. Mendoan adalah makanan yang dibuat dari tempe yang digoreng dengan tepung dan dibumbui dengan berbagai macam rempah asli Indonesia. Hampir mirip dengan tempe goreng tepung, tapi ada beberapa hal yang membedakan yaitu tempenya. Tempe yang digunakan untuk mendoan ialah tempe khusus yang memang dibuat khusus untuk dijadikan mendoan, proses penggorengannya juga sedikit berbeda, Mendoan digoreng setengah matang atau kalau orang Banyumas bilang "mendo" yang berarti setengah matang. Bumbu-bumbu yang dipakai juga tentu beda dengan tempe goreng tepung biasa, disini saya akan membagikan rahasia Resep Mendoan Khas Banyumas.

Tempe mendoan Banyumas atau lebih sering dikenal sebagai tempe mendoan Purwokerto banyak kita temukan jika kita sedang berada di daerah "ngapak" yaitu Purwokerto, Banyumas, Cilacap dan sekitarnya. Di restoran atau di warung pinggir jalan banyak sekali pedagang yang menjajakan makanan khas Banyumas ini. Menu yang satu ini biasanya disajikan bersama cabai rawit atau sambal kecap sebagai penambah citarasa yang sudah pasti meambah kelezatan saat menikmati Mendoan.

Resep Mendoan Khas Banyumas ini sangat mudah dan simpel. Hanya saja yang tinggal diluar Banyumas mungkin sedikit kesusahan untuk mendapatkan tempe Mendoan karena biasanya tempe Mendoan diproduksi secara lokal. Kalau diganti dengan tempe biasa tentu beda lagi, bukan Mendoan namanya. Perlu diingat pada saat menggoreng kita membutuhkan minyak yang benar-benar panas karena proses penggorengan hanya setengah matang agar Mendoan yang dihasilkan bisa gurih dan nikmat. Langsung saja kita coba resepnya dibawah ini

Resep Mendoan Khas Banyumas

Resep Mendoan Khas Banyumas
Resep Mendoan Khas Banyumas

Bahan Untuk Membuat Mendoan:


  • 10 bungkus tempe mendoan
  • 1/4 kg tepung terigu
  • 1 ons daun bawang iris kecil
  • 250 ml air.

Bahan yang dihaluskan:


  • 5 siung bawang putih
  • 1 sdm ketumbar
  • garam secukupnya

Cara Membuat Mendoan:


  • Campurkan tepung terigu, daun bawang dan bumbu yang sudah dihaluskan.
  • Larutkan dengan menggunakan air, aduk sampai semua bahan tercampur rata dengan kekentalan sedang (tidak terlalu encer dan tidak terlalu cair)
  • Panaskan minyak untuk menggoreng.
  • Celupkan tempe mendoan kedalam tepung lalu goreng diatas minyak panas.
  • Goreng setengah matang kurang lebih 3 menit
  • Angkat dan tiriskan.

Demikian Resep Mendoan Khas Banyumas yang bisa anda coba dirumah. Sajikan selagi hangat bersama kecap yang dicampur dengan potongan cabai rawit dan bawang merah segar agar rasanya semakin nikmat. Baca juga Resep Sayur Asem Segar dan Lezat yang bisa anda sajikan sebagai menu makan siang untuk keluarga tercinta. Terimakasih dan selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar