Kamis, 23 Februari 2017

Resep Pepes Tahu Kemangi Spesial

Resep Pepes Tahu Kemangi Spesial - Menyajikan masakan spesial untuk keluarga setiap hari kadang membuat kita bingung. Apalagi jika kita juga mempertimbangkan soal gizi dari makanan yang kita buat. Tentu akan semakin membuat kita bingung, masakan apa yang akan kita sajikan hari ini, bahan-bahan apa yang akan kita pakai untuk memasak, mau diolah menjadi apa bahan-bahan yang ada dirumah. Nah itu semua menjadi tantangan tersendiri bagi setiap ibu rumah tangga. Menjadi seorang ibu memang harus cerdas, bisa mengolah bahan-bahan apa saja menjadi masakan yang spesial. Dari bahan yang sederhana mejadi makanan yang lezat.

Untuk kesempatan kali ini saya akan membagikan resep yang mudah dan praktis dari bahan yang sangat sederhana dan sangat mudah didapatkan yaitu tahu. Tahu memang bahan yang terdengar biasa saja, dan mungkin bagi sebagian orang tahu terdengar sama sekali tidak menarik. Tapi coba deh tahunya diolah menjadi makanan yang sedikit berbeda dari biasanya. Kalau biasanya kita mengolah tahu dengan cara digoreng atau di masak biasa coba kali ini tahunya dibikin pepes.

Pepes merupakan makanan tradisional asli Indonesia yang berasal dari daerah Sunda Jawa Barat. Pepes yaitu sebuah cara mengolah bahan makanan dengan cara membungkusnya menggunakan daun pisang dan dibumbui dengan berbagai bahan rempah. Biasanya pepes ditambah juga dengan bahan lainnya seperti kemangi untuk menambah aroma wanginya, cabai jika anda menyukai pedas, dan ditambah juga dengan tomat.

Pepes tidak hanya dibuat dengan bahan ikan, namun anda juga bisa membuatnya dengan bahan yang sangat sederhana seperti tahu. Kalau tahunya diolah menjadi pepes pasti keluarga dirumah akan lebih tertarik untuk mencicipinya, apalagi aroma pepes sangatlah khas dari daun pisang yang dibakar dan juga aroma dari daun kemangi didalamnya. Penasaran bagaimana cara membuat dan apa saja bahan-bahan yang digunakan?? langsung saja kita baca Resep Pepes Tahu Kemangi Spesial berikut ini.

Resep Pepes Tahu Kemangi Spesial
Resep Pepes Tahu Kemangi Spesial

Bahan-bahan Untuk Membuat Pepes Tahu:


  • 10 buah tahu putih
  • 1 ikat daun kemangi
  • 1 butir telur
  • 5 buah cabai merah, iris tipis
  • Daun pisang secukupnya untuk pembungkus

Bumbu Halus:


  • 2 siung bawang putih
  • 6 siung bawang merah
  • 5 butir merica
  • 1 sendok teh garam

Cara Membuat Pepes Tahu:


  • Haluskan tahu putih sampai lembut.
  • Tambahkan bahan-bahan lain seperti kemangi, telur dan campurkan juga bumbu yang sudah dihaluskan. Aduk sampai rata.
  • Siapkan daun pisang yang sudah dibersihkan terlebih dahulu. Ambil 2 sendok makan adonan letakan diatas daun pisang, lalu gulung sampai padat, sematkan lidi di kedua ujungnya. Lakukan sampai semua adonan habis.
  • Panaskan panci kukus, kukus adonan yang sudah dibungkus tadi sampai matang lalu bakar sampai daun kering. 

Pepes tahu ini sangat cocok dihidangkan dengan nasi hangat, jika anda menyukai pedas anda bisa menambahkan lebih banyak cabe pada saat membuatnya. Bisa juga ditambah dengan teri medan untuk menambah rasa agar lebih gurih dan enak. Tentunya sesuaikan dengan selera keluarga anda. Demikian Resep Pepes Tahu Kemangi Spesial, jangan lupa baca juga Resep Brownies Kukus Milo Praktis yang bisa anda buat dirumah untuk cemilan manis keluarga dirumah. Terimakasih dan selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar