Kamis, 09 Februari 2017

Resep Kue Lumpur Kentang Super Lembut dan Mudah

Resep Kue Lumpur Kentang Super Lembut dan Mudah - Berbicara soal panganan manis seperti kue memang tidak ada habisnya. Ada banyak sekali jenis kue yang kita kenal di sekitar kita, begitu juga dengan macam-macam resepnya, semakin kesini semakin banyak orang mengembangkan resep-resep kue modern yang sangat bervariatif. Mulai dari bahan, rasa dan bentuknya yang sangat beragam, sehingga sering kali mengalahkan eksistensi kue-kue tradisional yang resepnya sudah ada dari jaman nenek moyang kita.

Dengan banyaknya jenis kue-kue modern saat ini, kadang kita melupakan kue-kue tradisional yang ada, padahal kue tradisional juga tidak kalah enak rasanya jika dibandingka dengan kue-kue yang ada pada saat ini. Seperti yang akan kita bahas kali ini yaitu Resep Kue Lumpur Kentang Super Lembut dan Mudah. Masih ingatkah anda dengan jajanan tradisional yang satu ini?? Kue dengan rasa manis dan teksturnya yang sangat lembut yang sering membuat kita kangen akan rasanya. Nama kue ini memang terinspirasi dari teksturnya yang lembut seperti lumpur.

Kue Lumpur merupakan makanan ringan yang dibuat dengan bahan utama yaitu santan, kentang, tepung terigu dan telur. Biasanya berbentuk bulat kecil dengan hiasan kismis atau irisan kelapa muda diatasnya sebagai ciri khas dari kue ini. Kue yang satu ini termasuk dalam jenis kue basah, karena memang kue ini tidak bisa bertahan lama bahan dasarnya pun dari santan, seperti yang kita ketahui santan tidak bisa bertahan lama.

Kue Lumpur termasuk dalam salah satu jajanan tradisional yang masih sering kita jumpai di pasar maupun ditoko-toko kue disekitar kita. Dari dulu hingga sekarang Kue Lumpur masih tetap mempunyai banyak penggemar, kue ini memang sangat cocok dinikmati kapanpun, baik pagi, siang, maupun sore hari. Kita juga sering menjumpai kue ini sebagai hidangan suguhan di acara tasyakuran atau acara-acara lainnya dan rasanya kue ini masih tetap menjadi sajian spesial untuk keluarga Indonesia.

Namun sayangnya jika kita membeli kue ini dipasaran rasanya ada yang kurang, mungkin karena bahan yang digunakan disesuaikan dengan harga jualnya. Nahh untuk anda yang ingin menikmati kue lumpur yang super enak dan lembut anda bisa membuatnya sendiri dirumah. Tidak usah takut repot, karena pembuatannya sederhana dan mudah kok. Kalau anda tidak punya cetakan kue lumpur anda bisa menggantinya dengan cetakan lain seperti cetakan cupcake. Untuk lebih jelasnya mari kita simak Resep Kue Lumpur Kentang Super Lembut dan Mudah berikut ini.

Resep Kue Lumpur Kentang Super Lembut dan Mudah
Resep Kue Lumpur Kentang Super Lembut dan Mudah

Bahan-bahan Untuk Membuat Kue Lumpur:


  • 300 gram kentang, kukus dan haluskan
  • 150 gram tepung terigu
  • 100 gram gula pasir
  • 3 sendok makan susu putih bubuk
  • 1/2 sendok teh vanili
  • 2 butir telur
  • 250 ml santan
  • 2 sendok makan mentega, lelehkan

Cara Membuat Kue Lumpur:


  • Campurkan kentang yang sudah dihaluskan, tepung terigu, gula pasir, susu bubuk, vanili, telur dan santan, kocok dengan menggunakan mixer sampai semua bahan tercampur rata.
  • Tambahkan mentega cair lalu aduk lagi smapai rata.
  • Panaskan cetakannya, lalu olesi dengan minyak atau mentega.
  • Tuang adonan kedalam cetakan, panggang degan api kecil.
  • Setelah setengah matang beri topping kismis diatasnya.
  • Tutup cetakan, lalu panggang sampai matang.
  • Angkat dan sajikan.

Untuk topping anda bisa menggunakan bahan lain selain kismis, seperti keju, cherry atau messes agar lebih menarik. Kue Lumpur dengan rasa yang manis dan lembut sangat cocok dijadikan teman minum teh atau kopi. Kue ini tetap terasa enak walaupun kita sajikan saat sudah dingin. Tapi ingat kue ini tidak bisa bertahan lama, maksimal hanya bertahan satu hari. Demikian Resep Kue Lumpur Kentang Super Lembut dan Mudah, jangan lupa baca juga Resep Kangkung Crispy Spesial yang bisa dijadikan cemilan gurih untuk keluarga tercinta. Terimkasih dan selamat mencoba.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar